Sabtu, 12 Oktober 2013

Victoria Amazonica

victoria-amazonica.jpgVictoria Amazonica


Dari pengalaman, Anda mungkin tahu bahwa lily pads dan lili air bukanlah tanaman besar.
Mereka mungkin cuma seukuran tangan manusia, jika tidak sedikit lebih besar. Tapi Sebaliknya, tanaman Amazonica Victoria lebih besar dari telapak tangan manusia, bahkan mampu menampung seluruh tubuh manusia seberat 300 pond.
Itu benar, tanaman ini bahkan bisa dijadikan seperti batu loncatan diatas air. Tanaman teratai air ini terbesar yang pernah ditemukan, dan segala sesuatu tentang tanaman ini semua besar. akarnya sendiri panjang nya lebih dari 26 meter, daun dan bunga nya dapat tumbuh lebar dengan diameter sekitar 10 meter.
Tanaman ini tidak hanya besar, tapi perubahan warna. Ketika bunganya mekar malam pertama, tanaman ini berwarna putih murni. Tapi Keesokan harinya bunga nya berubah warna menjadi merah muda. Meskipun memang terlihat keindahannya, tanaman ini memiliki duri yang lumayan tajam di batang nya.

Berasal dari lembah Sungai Amazon, yang terkenal dengan flora dan fauna nya yang eksotis. Tanaman ini pertama kali diperkenalkan di Eropa pada tahun 1837 oleh John Lindley, dan selama ini telah banyak pencinta tanaman yg dibuat terpesona oleh tanaman ini. Tanaman teratai ini memperoleh nama julukan “piring air raksasa” walaupun nama ilmiahnya diambil dari nama seorang ratu dari sebuah negara dieropa untuk menghormati Ratu Victoria.
Tanaman ini sangat populer sehingga ada kompetisi untuk melihat siapa yang benar" bisa membibitkan dan mempanen pertama tanaman ini. Pada tahun 1849 Duke of Devonshire berhasil memenangkan kompetisi tersebut.

0 komentar :

Posting Komentar